Gejala Radang Amandel

PENGERTIAN AMANDEL

gejala radang amandel

Amandel merupakan duak kelenjar kecil yang terdapat di dalam tenggorokan, organ ini berfungsi sebagagai pencegah infeksi, terutama pada anak-anak. Seiring dengan perkembangan umur, sistem kekebalan tubuh mereka makin kuat perlahan-lahan tugas amandel sebagai penangkal infeksi mulai tergantikan. Ketika peran amandel sudah tidak dibutuhkan lagi, kedua kelenjar ini kemudian berangsrur-angsur menyusut.

PENYEBAB RADANG AMANDEL

Walau bisa disebabkan oleh bakteri, sebagian besar kasus tonsilitis disebabkan oleh virus penularan bakteri atau virus bisa terjadi melalui :

– Kontak langsung, misalnya ketika anda tanpa sengaja turut menghirup butiran bersin atau batuk di udara yang dikeluarkan oleh penderita tonsilitis.

gejala radang amandel
– Kontak lansung, misalnya ketika anda tanpa sengaja memegang permukaan benda yang telah terkontaminasi virus atau bakteri, kemudian memegang mulut atau hidung anda.

gejala radang amandel

Bakteri penyebab tonsilitis umumnya berasal dari kelompok streptococcus. Sedangkan virus penyebab tonsilitis diantaranya adalah :

Parainfluenza. Ini merupakam virus penyebab pernapasan dan radang pita suara.
– Influenza. ini merupakan virus penyebab flu.
– Rubeola. Ini merupakan virus penyebab campak.
– Adenovirus. Ini merupakan virus penyebab diare.
– Enterovirus. Ini merupakan virus penyebab penyakit mulut, kaki, dan tangan

.
– Epstein-Barr. Ini merupakan virus penyebab demam kelenjar.

GEJALA RADANG AMANDEL

Gejala tonsilitis biasanya pulih dalam waktu tiga hingga empat hari, gejala tonsilitis meliputi :

– Sakit tenggorokan

gejala radang amandel
– Kesulitan atau rasa sakit menelan

index
– Nyeri telinga

telinga-berdengung
– Mual

9055575109_4ee6ff7269
– Sakit kepala

112736_sakitkepala
– Batuk

batuk
– Lelah

lelah
– Sakit perut, terutama pada anak-anak.

gejala radang amandel
– Demam

gejala radang amandel
– Perubahan atau kehilangan suara

gejala radang amandel
– Pembengkakan kelenjar getah bening dileher

gejala radang amandel
– Munculnya bintik-bintik nanah pada amandel

gejala radang amandel
– Bau nafas

gejala radang amandel

Pada kasus tonsilitis yang diakibatkan oleh infeksi virus, seperti pilek atau flu, biasanya gejalanya akan lebih ringan daripada tonsilitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti bakteri streprococcal.

Kenalilah gejala tonsilitis pada anak-anak, meski mereka tidak dapat menggambarkan rasa sakit yang mereka derita. Anda dapat mencurigai anak anda terkena tonsilitis jika mereka :

– Rewel
– Menolak untuk makan
– Merasa sakit saat menelan makanan
– Terus-menerus mengeluarkan air liur

PENGOBATAN RADANG AMANDEL

Sebagian besar kasus tonsilitis sembuh dalam waktu satu minggu. Tidak ada obat khusus untuk menangani kondisi ini. anda dapat meredakan gejala tonsilitis di rumah, seperti nyeri tenggorokan, menggunakan obat pereda rasa sakit yang dijual bebas, seperti ibuprofen, parasetamol, atau aspirin. Namun aspirin sebaiknya tidak diberikan pada anak-anak yang masih berusia dibawah 16 tahun.

Pastikan anda membaca petunjuk mengenai dosis dan cara penggunaan obat yang tertera pada kemasannya. atau jika ragu, anda bisa bertanya pada dokter, selain agar khasiatnya terasa, pemakaian obat secara tepat adalah penting agar kita terhindar dari efek samping yang tidak di inginkan dan tidak terjadi overdosis.

Untuk mendukung pemulihan, pastikan anda atau anak anda beristirahat dengan cukup dan tetap makan, meski tenggorokan terasa sakit. kekurangan cairan dapat membuat gejala tonsilitis memburuk dan menyebabkan dehidrasi.

Jika kemudian anda pergi ke dokter, dan menurut hasil pemeriksaan, anda atau anak anda dinyatakan menderita tonsitilis akibat bakteri, biasanya dokter tidak akan langsung memberikan antibiotik jika gejala yang dirasakan belum parah.

Pengobatan antibiotik pada kondisi ringan dikhawatirkan dapat memicu kekebalan terhadap antibiotik, sehingga tubuh nantinya tidak akan mampu melawan infeksi bakteri yang tergolong serius. Selain itu, pada beberapa kasus, antibiotik bahkan tidak mempercepat penyembuhan, melainkan menyebabkan efek samping seperti mual dan sakit perut.

Antibiotik akan diberikan dokter jika gejala tonsilitis parah dan tidak akan menunjukan tanda-tanda pemulihan, atau jika sistem kekebalan tubuh anda atau anak anda lemah. Jika antibiotik oral tidak mempan, dokter biasanya akan memberikan antibiotik melalui infus di rumah sakit.

Operasi sebagai penanganan radang amandel

gejala radang amandel

Operasi pengangkatan amandel, atau disebut juga sebagai tonsilektomi, biasanya akan direkomendasikan dokter jika pasien mengalami tiga kondisi.

Pertama adalah jika gejala tonsilitsis pasien sudah makin parah sehingga mereka benar-benar kesulitan untuk makan, tidur, atau bernapas.

Yang kedua adalah jika pasien menderita tonsilitis bakteri yang sudah tidak bisa ditangani lagi oleh antibiotik.

Dan yang terakhir adalah jika pasien menderita tonsilitis kronis atau tonsilitis yang kerap kambuh, misalnya :

– Lebih dari tujuh kali dalam setahun
– Lebih dari lima kali setahun dalam dua tahun terakhir
– Lebih dari tiga kali setahun dalam tiga tahun terakhir

Berikut ini adalah jenis-jenis operasi tonsilektomi :

1. Operasi Standar, yaitu prosedur pengangkatan amandel dengan menggunakan pisau bedah.
2. Sinar Laser, yaitu prosedur pengangkatan amandel dengan menggunakan laser.
3. USG, yaitu prosedur pengangkatan amandel dengan menggunakan gelombang ultrasound berenergi tinggi.
4. Diatermi, yaitu prosedur penghancuran jaringan dan pengankatan amandel dengan menggunakan suhu panas.
5. Ablasi dingin, yaitu prosedur yang sama dengan diatermi. namun menggunakan suhu yang lebih rendah, yaitu sekitar 60 derajat celcius.

Setelah melakukan tonsilektomi, biasanya anda akan merasakan sakit di area yang di operasi dan dapat berlangsung satu hingga dua minggu. Pada minggu pertama, sakit akan terasa memburuk. Bahkan dalam beberapa kasus, ada yang mengalami nyeri telinga pasca tensilektomi. Hal tersebut tidak perlu di khawatirkan karena anda dapat mengonsumsi obat pereda rasa sakit.

Berikut ini adalah saran-saran yang anda dapat lakukan jika anda dan anak anda telah menjalani prosedur tonsilektomi.

– Minumlah banyak cairan dan hindari minuman yang mengandung asam, seperti jus jeruk, agar rasa sakit yang dirasakan tidak bertambah.
– Meski sulit menelan setelah menjalani operasi, namun usahakan untuk tetap mengonsumsi makanan padat, karena akan membantu penyembuhan cepat.
– Pastikan untuk tetap menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi atau menggunakan cairan kumur untuk mencegah timbulnya infeksi.
– Pastikan anak anda untuk tidak melakukan aktifitas di luar selama dua minggu misalnya bermain atau bersekolah, untuk mencegah dia tertular infeksi dari teman-temannya.

Pendarahan kecil pada bagian amandel yang diangkat merupakan hal yang umum terjadi pasca tonsilektomi. Ini biasanya berlangsung satu hingga sepuluh hari setelah operasi dan akan sembuh dengan sendirinya.

KOMPLIKASI RADANG AMANDEL

gejala radang amandel

Sebenarnya tonsilitis jarang menimbulkan komplikasi. Komplikasi biasanya timbul jika kondisi ini tidak ditangani, beberapa diantaranya :

– Infeksi telinga bagian bawah tengah akibat bakteri
– Apnea tidur. Kondisi ini terjadi pada kasus tosilitis kronis dan sebagian besar penderitanya adalah anak-anak. Penderita apnea tidur mengalami kesulitan bernapas saat tidur hingga sering terbangun di malam hari. saat tidur pun mereka akan sering mendengkur. kurangnya porsi tidur tentu saja dapat menghambat produktivitas penderita di siang harinya karena tubuh akan terasa lelah.
– Quinsy atau abses peritonsil, yaitu munculnya gumpalan-gumpalan nanah pada amandel dan dinding tenggorokan. mereka yang mengalami komplikasi ini akan merasakan sakit di tenggorokan, mengeluarkan bau napas tidak sedap, sakit kepala dan telinga, sulit untuk bicara. demam dan pembengkakan di sekitar leher dan wajah.
– Glomerulonephritis, yaitu pembengkakan di sekitar saringan ginjal. penderita komplikasi ini akan mengalami nafsu makan dan muntah-muntah.
– Demam rematik, yaitu kondisi yang menyebabkan radang di sekujur tubuh dengan gejala berupa ruam kulit dan nyeri sendi.
– Demam skarlatina, yaitu konsidi yang menyebabkan kulit si penderitanya dipenuhi ruam atau bercak berwarna kemerahan.

Untuk mengoptimalkan cara diatas kami merekomendasikan Qnc Jelly Gamat sebagai solusi pengobatan Radang Amandel secara alami tanpa menimbulkan efek samping. Info lebih lengkap klik : Qnc Jelly Gamat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *